Setelah kegiatan HID PAMSIMAS Tahun 2021 dengan lokasi kegiatan di Desa Muntang Kecamatan Kemangkon selesai dilaksanakan selanjutnya dilakukan Uji Fungsi untuk mengetahui perubahan yang terjadi setelah adanya program HID PAMSIMAS. Kegiatan Uji Fungsi dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (DINRUMKIM) Kabupaten Purbalingga di Tower PAMSIMAS Desa Muntang dan Sambunga Rumah, dimulai dengan pengecekan sistem aerasi, pengecekan bak penyaring, pengecekan reservoar.

Setelah ketiga komponen tersebut dicek fisiknya selanjutnya dilakukan pengecekan ketika sistem dijalankan, mulai dari saat air naik ke menara aerasi, kemudian saat air masuk ke bak penyaring, saat air masuk ke reservoar dan saat air dinaikan ke Menara Penampung air. Hasilnya setelah air melalui proses aerasi (pengikatan air dengan oksigen) dan tiga kali penyaringan dengan media penyaring yang berbeda maka kandungan unsur Fe yang sebelumnya sangat tinggi berkurang secara signifikan ditandai dengan aroma air yang cenderung tawar dan jernihnya air. sedangkan dari segi teknis masih ada beberapa kekurangan yang perlu dilengkapi seperti pemasangan stop kran dan ventilasi pada bak penyaring serta barier untuk mencegah air hasil aerasi tumpah keluar.

Namun untuk memastikan air hasil aerasi dan penyaringan maka dilakukan Uji kualitas air di Laboratorium pada salahsatu Sambungan Rumah. Sambungan Rumah yang diuji adalah Sambungan Rumah yang berada di tengah-tengah saluran perpipaan yang terbentang di Desa Muntang. Tujuan dari Uji Kualitas Air tersebut adalah untuk mengetahui apakah air hasil aerasi dan penyaringan sudah memenuhi standar layak konsumsi atau masih perlu peningkatan kualitas

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Instagram
WhatsApp