Musyawarah Desa Khusus adalah Musyawarah Desa yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa dan kejadian yang mendesak, dalam hal ini terkait dengan Bantuan Langsung TunaiĀ  (BLT) yang mempunyai tujuan untuk membantu masyarakat miskin (seusai kriteria dan kesepekatan Musdes Penetapan KPM BLT DD) terdampak pandemi Covid-19 terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat.

Musdessus dihadiri oleh Ketua RT, Ketua RW, KPMD, BPD dan Pemerintah Desa Muntang. Musyawarah diawali dengan sambutan Kepala Desa Muntang yang menyampaikan tentang point-point penting yang berkaitan dengan adanya kebijakan BLT DD termasuk gejolak yang timbul akibat dari cara pandang yang berbeda antar warga masyarakat desa Muntang dalam menanggapi kebijkan BLT DD. Selain itu Kepala Desa Muntang juga menghimbau warga masyarakat desa Muntang untuk selalu waspada terhadap bahaya Narkoba dan sejenisnya yang saat ini mulai merambah ke desa-desa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai media pengedaran dan transaksi narkoba. Hal itu penting disampaikan kepada warga masyarakat karena beberapa waktu yang lalu desa Muntang memiliki sebuah tujuan untuk menjadi Desa Bersinar (Bersih Narkoba).

Acara inti Musdessus adalah evaluasi bersama tentang KPM BLT DD tahun 2022 oleh semua peserta, masing-masing ketua RT dan RW menyampaikan hasil pengamatan terhadap warga di wilayahnya tentang penerima manfaat bantuan sosial diluar BLT DD (setelah Musdes penetapan KPM BLT DD) untuk kemudian dipadankan dengan data by name yang dimiliki oleh desa. Hasilnya, terdapat 4 KPM yang dilakukan perubahan dengan berbagai pertimbangan seperti penerima ganda bantuan sosial diluar BLT DD, meninggal dunia dan sebagainya. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kesalahan sebelum kegiatan penyaluran BLT DD tahun 2022 dilaksanakan.

Kegiatan Musdessus diakhiri dengan penandatangan Berita Acara dan kesepakatan bersama semua peserta musyawarah untuk selalu memantau perkembangan BLT DD.

Berikut Peraturan Kepala Desa Desa Muntang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Perubahan Peraturan Kepala Desa Muntang Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Penetapan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Desa

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [7.21 MB]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Instagram
WhatsApp