Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja sering disebut masa terlabil, di mana seorang anak berusaha mencari jati dirinya. Dalam fase ini, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Saat memasuki masa remaja, seseorang akan cenderung memisahkan diri dari keluarga. Maka tidak salah jika dikatakan bahwa masa remaja adalah masa rentan dengan berbagai permasalahan. Mulai dari permasalahan dengan diri sendiri, keluarga, hingga permasalahan dengan perkembangan zaman.
Oleh karena itu, perlu ada pendampingan dan pembinaan agar remaja tidak terjerumus pada hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya. ebagai bentuk kepedulian terhadap generasi remaja, pemerintah menghadirkan posyandu remaja untuk mendampingi para remaja menghadapi fase-fase krusial dalam hidupnya.
Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan.

Manfaat Posyandu Remaja:

1. Memperoleh pengetahuan mengenai kesehatan

2. Membekali remaja keterampilan hidup sehat

3. Sebagai sarana sosialisasi remaja

4. Kesehatan akan terus terpantau

Sama seperti posyandu lainnya, posyandu remaja juga melakukan kegiatan pengecekan kesehatan dan konseling. Hanya saja, posyandu remaja lebih menekankan pada edukasi kesehatan remaja, kegiatanya antara lain adalah pengisian kuisiner kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pelayanan kesehatan serta kegiatan berbeda setiap bulannya.

Posyandu remaja dapat berperan penting dalam memberikan bimbingan soal kesehatan fisik dan mental pada remaja dalam mengarungi fase-fase labil mereka.
Apabila Anda memiliki anak remaja, tidak ada salahnya untuk mengarahkan mereka berpartisipasi dalam komunitas ini dan mensukseskan kegiatan yang dilakukan dalam posyandu remaja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Instagram
WhatsApp