Sehubungan dengan adanya laporan dari pihak Puskesmas Kemangkon tentang adanya pasien suspect Covid-19 diwilayah RT 09 RW 03 Dusun II Desa Muntang, maka Tim Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Desa Muntang langsung melakukan contact tracing kepada keluarga pasien dan orang terdekat yang melakukan kontak langsung, setelah didapatkan data pasti tentang siapa saja yang melakukan kontak erat, selanjutnya Tim Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Desa Muntang bekerjasama dengan Puskesmas Kemangkon melaksanakan PCR Test di rumah pasien suspect Covid-19.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hasil PCR Test dapat diketahui setelah 3 hari, dimana dalam masa tunggu tersebut warga yang telah menjalani PCR Test diharuskan untuk melakukan Isolasi Mandiri, untuk itu Pemerintah Desa Muntang memberikan bantuan logisitik bagi warga yang sedang melakukan  isoman. Sementara itu respon Satgas Jogo Tonggo RW 03 Dusun II Desa Muntang terhadap adanya pasien suspect Covid-19 di wilayahnya adalah dengan mengaktifkan lumbung pangan. Tujuan dari lumbung pangan tersebut adalah untuk membantu memenuhi keperluan warga yang sedang melakukan isoman khususnya diwilayah RW 03 Dusun II Desa Muntang.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara Satgas Jogo Tonggo dan Tim Gugus Tugas Desa maka warga yang sedang melakukan isoman dapat terpenuhi kebutuhannya sehingga dapat menjalani isoman dengan baik dan secara umum dapat mengurangi resiko penyebaran Covid-19 di wilayah RW 03. Disamping itu kerjasama yang baik antar pihak-pihak terkait seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tenaga Kesehatan dan Puskesmas Kemangkon sangat membantu mempercepat penanganan masalah terkait Covid-19.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Instagram
WhatsApp