PSN LINSEK


Pemberantasan Sarang Nyamuk Lintas Sektor (PSN LINSEK ) dan Jumat Mulia (JULIA) desa muntang

Hari ini jumat tgl 12 april 2019 ada suasana yang berbeda di desa muntang tepatnya di rumah bapak kades paryono rt 10 rw 4 desa muntang.
Ada beberapa orang .TNI.polisi.peramgkat desa dan bapak bapak RT serta ibu ibu kader yang berkumpul.
Bukan untuk sekedar kumpul kumpul apalagi untuk kampanye (☺☺☺🀭)
Mereka berkumpul untuk melaksanakan kegiatan PHBS Pencegahan penyakit demam berdarah yaitu PSN LINSEK.
Kader desa muntang.perangkat desa.bapak bapak RT.bidan desa.tenaga pendamping DSM bersama puskesmas kemangkon,polsek.koramil dan kecamatan melakukan PSN di rt 10 dan rt 12.
PSN LINSEK ini dilakukan 1 th sekali dalam rangka dukungan untuk ibu ibu kader yang selalu rutin melaksanakan kegiatan PSN setiap hari jumat di lingkungan desa muntang. Sekaligus untuk mencegah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk terutama nyamuk aedes aegepty.
Bapak suharno selaku kepala puskesmas kemangkon mengatakan nyamuk aedes tidak bisa dicegah dengan pengasapan (fogging) karena foging hanya membunuh nyamuk dewasa .sedangkan telur nyamuk yg nantinya akan jadi nyamuk dewasa akan tetap hidup dan ini yang justru harus dicegah.
Pencegahan yang bisa dilakukan sangat mudah dan murah yaitu dengan mencegah tergenangnya air di tempat tempat yang bisa menampung air dengan PSN = menguras.menutup dan mengubur tempat yg berpotensi tergenang air, karena nyamuk jenis ini berkembang di air yang jernih.
Puskesmas bersinergi dengan Relawan Peduli Purbalingga (RPP) kemangkon jg membagikan sembako ke orang yng membutuhkan dalam kegiatan JULIA (Jumat Mulia) .
Hari ini alhamdulillah terkumpul 18 paket sembako yg dibagikan ke 18 orang di wilayah rw 4.
Dan yang menarik disini anak anak PAUD pun ikut membantu untuk membagikan sembako dalam rangka pembelajaran bagi anak anak usia dini bahwa berbagi rezeki adalah hal yang menyenangkan dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Kepala desa muntang bapak paryono mengapresiasi ibu ibu kader kesehatan desa muntang yang berkeliling rutin setiap jumat untuk melakukan PSN secara sukarela dan mengaku bangga dengan ibu ibu desa muntang yang mewujudkan GERMAS salah satunya dg senam setiap hari sabtu.
Semoga kegiatan pada hari ini bisa bermanfaat bagi masyarakat desa muntang dan semoga masyarakat desa muntang bisa bersama sama dengan kader kesehatan bergotong royong untuk melakukan jumat PSN secara rutin sehinggga desa muntang bisa menjadi desa sehat mandiri.
Desa muntang mantap…
Kader semangat..
Masyarakat pun sehat …
πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

PSN LINTAS SEKTORAL

PSN Pemberantasan Sarang Nyamuk Lintas sektoral di Rw 4 Desa Muntang dan pembagian sembako dari Puskesmas Kemangkon…
1. Kader Kesehatan Desa.
2. Masyarakat Rw 4
3. Pemdes Muntang.
4. Polsek Kemangkon.
5. Koramil Kemangkon.
6. Camat Kemangkon.
7. UPT Dinas Kesehatan Kemangkon.
8. PAUD Desa Muntang.
SEMANGATTTT

PELATIHAN KAPASITAS APARATUR PEMERINTAH DESA

Pelatihan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Tahun 2019. Selama 2 hari Sabtu – Minggu tanggal 2-3 pebruari 2019. Kerjasama antara PPDRI Kec. Kemangkon dengan LPK Perwira Purbalingga. Γ‘ara sumber dari Inspektorat Kab. Purbalingga, Kejaksaan Negeri Purbalingga.
Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Perangkat Desa dapat menjalankan fungsi dan tugas pokoknya dengan baik dan benar terutama Sekretaris Desa dan Bendahara Desa supaya dalam mengelola keuangan Desa tidak bermasalah…#semangat

 

 

PSN

Penderita DBD terus bertambah , DBD mengancam kita..

*GERAKAN SERENTAK* kegiatan Kerja Bakti / PSN *Dirumah masing2 dan sekitarnya* , Harus Tepat sasaran *Fokus ke titik sasaran* *AIR YANG TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG DGN TANAH*
1. Bak KAMAR MANDI / TOILET,
2. Tempat penampungan Air,
3. Air Jebakan semut ( kaki meja )
4. AIr pembuangan kulkas ,
5. Tempat minum burung (yg jarang diganti)
6. Pot Bunga
7. Barang bekas di sekitar rumah ( ban bekas, kaleng , bathok/ tempurung kelapa , botol, gelas air mineral, potongan bambu, bonggol pisang semua tempat yg bisa nenampung air)

*PASTIKAN RUMAH & SEKITAR ANDA TIDAK ADA JENTIK*
Karena 1 jentik betina , dlm 12 – 14 hari akan berubah jadi nyamuk Dewasa
a. 1 nyamuk betina dewasa sekali bertelur = 100-150 butir telur
b. Dlm hidupnya (1 bulan ) bertelur _/- 4 X
Jadi…..
1 Nyamuk x 4 x 150 = 600 telur !!!

( Ada Jentik berarti kita Terancam Demam Berdarah )

Ingat ! jam kerja nyamuk _Aedes Agypti dan Aedes Albopictus_

Pagi : 06.00 – 09.00
Sore : 15.00 – 18.00

PAKAI SELALU LOTION ANTI NYAMUK ( Terutama Anak2 pada saat Pagi / sebelum berangkat Sekolah / Sore/ saat bermain )

β€Œ Jangan *salah sasaran* dlm melakukan PSN Pemberantasan Sarang Nyamuk ( *BUKAN memotong pohon , bersih2 rumput , menata bunga dll* _karena jentik tdk bersarang di rerumputan_..

Semangat …πŸ’ͺ

(Reny.Y)

Lanjutkan membaca “PSN”

PTSL TAHUN 2019 DI DESA MUNTANG

SOSIALISASI PTSL TAHUN 2019 TINGKAT DUSUN
Pada hari selasa tanggal 29 Januari 2019 diadakan sosialisasi PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di dua Dusun Desa Muntang oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Purbalingga. Dengan suksesnya program PTSL tahun 2019 di Desa Muntang maka diharapkan tanah di Desa Muntang akan terdata semua dan bersertifikat..